Mengeluh karena Takut Gemuk Itu Normal

Banyak wanita yang sering mengeluh karena berat badannya. Walau kebiasaan itu terdengar menyebalkan, menurut penelitian khawatir akan gemuk merupakan hal normal bagi wanita.

Dikutip dari detikhealth, penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University menjelaskan bahwa otak wanita memang takut gemuk. Kesimpulan tersebut didapat dari pemindaian otak dilakukan dengan teknologi Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences edisi Mei 2010, melibatkan sekelompok wanita dengan berat badan normal dan tidak mengalami gangguan pola makan. Sebelum otaknya di/scan/, mereka disuruh melihat foto seorang wanita tak dikenal yang mengalami kelebihan berat badan.

Hasil dari scan, foto tersebut telah mengaktifkan bagian otak yang memproses identitas dan refleksi diri. Para peserta penelitian menjadi gelisah dan membayangkan tubuhnya bisa menjadi seperti dalam foto tersebut.

Dapat dikatakan bahwa hasil penelitian itu didapat dengan cara yang tak disengaja. Para peneliti sebenarnya sedang mengerjakan proyek untuk mengatasi gangguan makan dengan memindai otak. Pada wanita dengan gangguan makan anorexia dan bulimia, melihat foto wanita gemuk memang mengaktifkan pusat refleksi diri di otak yang dinamakan medial prefrontal cortex.

Para peneliti tidak menduga sebelumnya, bahwa wanita tanpa gangguan pola makan juga takut menjadi gemuk. Pengamatan terhadap kelompok tersebut pada awalnya hanya sebagai pembanding.

Peneliti pun melakukan pengamatan serupa pada sekelompok pria. Tetapi, gejala semacam ini tidak ditemukan pada pria. Ternyata otak pria tidak memberikan respon yang signifikan jika tubuh mereka gemuk nantinya.



Sumber : http://www.wolipop.com/read/2012/01/02/174442/1804886/1135/mengeluh-karena-takut-gemuk-itu-normal?w992201835

Tidak ada komentar:

Posting Komentar